Antisipasi Pemalsuan, PSM Gunakan Tiket Gelang

psm-makassar-640x398

MAKASSAR – Panitia pelaksana pertandingan PSM Makassar memutuskan menggunakan tiket gelang untuk mengantisipasi pemalsuan yang merugikan manajemen sepanjang pagelaran Kejuaraan Sepak Bola Torabika 2016. Media Officer PSM Ramli Manong juga berharap para penonton atau pencinta PSM untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kemungkinan pemalsuan tiket yang tentunya akan berugikan tim.

“Tiket dalam bentuk gelang ini memang baru pertama kali kami lakukan. Ini memang merupakan bagian dari kekhawatiran dan pengalaman kami yang rutin mengalami kerugian akibat beredarnya tiket palsu,” ujarnya di Makassar, Jumat (6/5/2016).

Tiket dalam bentuk gelang ini, kata dia, memang dinilai akan sulit dipalsukan. Sebab gelang ini hanya untuk dipergunakan sekali dalam pertandingan. Tiket gelang ini juga akan memiliki kekhasan yakni jika ditarik maka akan melar dan tidak akan bisa kembali ke bentuk semula.

Artinya jika sudah diamankan atau diperiksa pihak panitia di gerbang pintu maka tentunya tidak bisa lagi digunakan karena bentuknya yang sudah tidak rapi. Ditambahkannya, bahan tiket ini bisa melar atau kendor seperti karet tetapi tidak mudah putus serta tidak luntur saat terkena air.

“Jadi hanya satu kali digunakan. Adapun jika ada yang coba mengelabui dengan menggunakan yang sudah melorot, berarti itu bekas dan tidak dibolehkan masuk. Kami juga siapkan antisipasi bagi penonton yang keluar masuk,”ujarnya.

Manajemen PSM berharap dengan terobosan atau langkah seperti ini membuat praktek pemalsuan tiket bisa terhindarkan. Ini juga sebagai upaya untuk lebih menghidupkan tim untuk bisa lebih kuat lagi ke depan.

Sementara itu, pihaknya juga telah menyebarkan sebanyak 13.000 tiket berbagai kategori untuk pertandingan kandang perdana PSM menghadapi Persela Lamongan di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulsel, pada Sabtu (7/5). Puluhan ribu tiket itu terdiri dari tiga untuk tiket VIP Utama sebanyak 200 tiket, VIP Utara-Selatan 4.400 tiket serta untuk tribune terbuka dengan jumlah sebanyak 8.400 tiket.

Adapun untuk harga setiap kategorinya, kata dia, yakni untuk tribune terbuka dijual Rp 20.000, tribun VIP Utara-Selatan seharga Rp 75.000 dan VIP Utama Rp 100.000.

“Kami memang sengaja menyebarkan tiket lebih sedikit dari jumlah atau kapasisias stadion yang mampu mencapai 20.000, karena juga menyiapkan kursi khusus bagi pihak sposor,” katanya.

sumber: http://bola.kompas.com/read/2016/05/06/19210598/Antisipasi.Pemalsuan.PSM.Gunakan.Tiket.Gelang